Sabtu, 19 Maret 2016

Kata Sambung Yang Paling Sering Digunakan Orang Sunda

Kata Sambung Yang Paling Sering Digunakan Orang Sunda, kamus sunda


Bagi kamu yang punya teman orang sunda pastinya akan aneh dengan bahasa sunda yang mereka pakai, terlebih ada beberapa kata sambung yang sering digunakan orang sunda dan itu mempunyai arti yang sangat jauh bila diartikan dalam bahasa Indonesia.


Beberapa Kata sambung yang paling sering digunakan orang sunda diantaranya, Mah, Teh, Koh, Atuh. Biasanya kalau orang sunda yang tidak bisa menghilangkan bahasa kedaerahannya dalam menggunakan bahasa indonesia kata tersebut pastinya akan anda dengar dari perkataan orang sunda,

Mah
Mungkin kalau dalam artian bahasa Indonesia ini adalah panggilan pada ibu/mamah, namun kalau dalam bahasa Sunda ini seringkali dikatakan hanya untuk melengkapi kalimat. Kata ini biasanya kerap muncul Pada pertengahan kalimat.
Contoh:
Setiapkali lari pagi, aku "mah" suka kalikiben, kenapa ya?
Nah, kalau kebanyakan Makan Pedes "mah" emang udah risiko harus bolak-balik jenguk wc !

Teh
Pernah mendengar kata teh tapi bukan bertujuan untuk menyebutkan minuman teh ?
Ya  kata ini juga seringkali digukanan orang sunda  untuk menyambungkan kalimat. biasnya kata teh ada dalam kalimat tanya.
Contoh:
Ini teh blognya siapa ya  kok keren banget? (no comen "komo nginjeum duit") :D
Bukankah itu teh anaknya pak usman ?

Koh
Kata koh biasanya ada dalam kalimatnya orang sunda yang menyatakan penegasan dalam pembicaraan. kata ini memang limited edition karena tidak semua orang sunda suka memakai kata ini, "hanya beberapa tempat saja".
Contoh;
A: Emang dimana rumahnya si mirna itu ?
S: Itu koh diujung pertigaan dekat al-azhar

Atuh
Ini pastinya akan menjadi bahasa yang sering kalian dengar dalam percakapan orang sunda selain mah. Kata ini saya kira menjadi maskot dalam kata sambung, karena sunda banget dan seringkali admin sendiri dengar kata ini dalam sebuah kalimat yang cukup miris.
Contoh:
Akumah Apa "Atuh" ? cuma butiran detergen diobok-obok juga hilang.
Kan hujan bebph, masa "atuh" harus hujan-hujanan, entar aa masuk angin.

Bagi kamu yang sering dengar atau tahu kata sambung yang sering digunakan orang sunda bisa juga di isi di kolom komentar.
Itu saja yang bisa saya bagikan pada artikel mengenai Kata Sambung Yang Paling Sering Digunakan Orang Sunda, semoga bermanfaat.

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah Berkomentar Tidak Seperti Robot

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda